Server : wadul.pacitankab.go.id WADULE - Bismilah, Assalamualaikum wr wb. Saya ingin menyampaikan keluhan saya terhadap salah seorang petugas di Kantor Dukcapil Pacitan bagian pengambilan dokumen. KTP saya rusak dan saya mengajukan perbaikan dari tgl 14 November 2019. Saya cek hari ini (2 Juni 2020) KTP saya belum jadi. Bukan perkara KTP saya yg belum jadi yg menjadi keluhan utama saya. Akan tetapi pelayanan petugasnya membuat tidak sreg. Jadi kejadiannya begini, saya datang dan menyerahkan lembar kwitansi/kertas untuk pengambilan KTP dan menyampaikan bahwa saya hendak mengambil KTP. Tapi petugasnya malah bilang \"yg perubahan belum jadi mbak, silahkan wa dulu ke nomer ini (ada di kaca)\", Nah saya bingung maksudnya bagaimana, beliau menjelaskan dengan cepat dan saya bertanya lagi, tp beliau malah sengak dan menyuruh petugas lain menjelaskan, dan terlihat kesal dengan saya. Kemudian setelah saya paham saya menanyakan kira2 ktp nya kapan jadinya karena saya besok harus kembali ke Bekasi, sementara kalau kembali ke Jabodetabek harus membawa ktp untuk di cek, kata petugasnya suruh menunjukkan surat keterangan KTP sementara. Kemudian saya bertanya bukankah surat itu hanya berlaku 6 bulan, sementara jarak dari November ke Juni sudah lebih dari 6 bulan. Tapi beliau malah menyalahkan saya yang mudik. Saya jawab saya mudik pertengahan bulan April sebelum adanya larangan mudik dari pemerintah dan saya pun mengikuti protokol kesehatan untuk karantina 14 hari. Yg mebuat saya kecewa dengan petugas adalah kenapa tidak ada solusi untuk saya yg KTP nya belum jadi dan surat keterangan KTP sementara sudah habis masa berlakunya. kenapa beliau malah menjudge saya yg mudik sebelum adanya larangan mudik dari pemerintah. Dan bukankan beliau tugasnya untuk melayani masyarakat ? Kalau masyarakat tidak faham, cukup dijelaskan, tidak perlu marah-marah. Tidak perlu menyalahkan. Saya yakin pekerjaan beliau ada SOP nya, termasuk bagaimana cara menanggapi pertanyaan dari masyarakat yg beluh paham, seharusnua juga kalau ktp sudah setengah tahun lebih belum jadi, kan bisa minta maaf dan menyampaikan dengan baik2, bersikap ramah tidak harus sengak dan marah2 agar orang seperti saya bisa paham dan lebih sabar untuk menunggu. Trimakasih

Tanggapan



Kode PengaduanCT2258
Isi PengaduanBismilah, Assalamualaikum wr wb. Saya ingin menyampaikan keluhan saya terhadap salah seorang petugas di Kantor Dukcapil Pacitan bagian pengambilan dokumen. KTP saya rusak dan saya mengajukan perbaikan dari tgl 14 November 2019. Saya cek hari ini (2 Juni 2020) KTP saya belum jadi. Bukan perkara KTP saya yg belum jadi yg menjadi keluhan utama saya. Akan tetapi pelayanan petugasnya membuat tidak sreg. Jadi kejadiannya begini, saya datang dan menyerahkan lembar kwitansi/kertas untuk pengambilan KTP dan menyampaikan bahwa saya hendak mengambil KTP. Tapi petugasnya malah bilang \"yg perubahan belum jadi mbak, silahkan wa dulu ke nomer ini (ada di kaca)\", Nah saya bingung maksudnya bagaimana, beliau menjelaskan dengan cepat dan saya bertanya lagi, tp beliau malah sengak dan menyuruh petugas lain menjelaskan, dan terlihat kesal dengan saya. Kemudian setelah saya paham saya menanyakan kira2 ktp nya kapan jadinya karena saya besok harus kembali ke Bekasi, sementara kalau kembali ke Jabodetabek harus membawa ktp untuk di cek, kata petugasnya suruh menunjukkan surat keterangan KTP sementara. Kemudian saya bertanya bukankah surat itu hanya berlaku 6 bulan, sementara jarak dari November ke Juni sudah lebih dari 6 bulan. Tapi beliau malah menyalahkan saya yang mudik. Saya jawab saya mudik pertengahan bulan April sebelum adanya larangan mudik dari pemerintah dan saya pun mengikuti protokol kesehatan untuk karantina 14 hari. Yg mebuat saya kecewa dengan petugas adalah kenapa tidak ada solusi untuk saya yg KTP nya belum jadi dan surat keterangan KTP sementara sudah habis masa berlakunya. kenapa beliau malah menjudge saya yg mudik sebelum adanya larangan mudik dari pemerintah. Dan bukankan beliau tugasnya untuk melayani masyarakat ? Kalau masyarakat tidak faham, cukup dijelaskan, tidak perlu marah-marah. Tidak perlu menyalahkan. Saya yakin pekerjaan beliau ada SOP nya, termasuk bagaimana cara menanggapi pertanyaan dari masyarakat yg beluh paham, seharusnua juga kalau ktp sudah setengah tahun lebih belum jadi, kan bisa minta maaf dan menyampaikan dengan baik2, bersikap ramah tidak harus sengak dan marah2 agar orang seperti saya bisa paham dan lebih sabar untuk menunggu. Trimakasih
Tanggal02 Juni 2020 17:36
KategoriKeluhan
MediaWeb
Gambar

Tanggapan